Langsung ke konten utama

Masuda Yuka: Melewati Sesuatu Yang Bernama "Kanker:

Pertama-tama, saya akan minta maaf karena terlambat men-translatekan artikel ini. Terlambat sekali, karena Best Talent Vocal AKB ini telah graduate dari AKB tanggal 17 kemarin. Sekilas informasi, Masuda Yuka adalah salah satu generasi 2 AKB, member original Team K sebelum dipindah ke Team B lalu dipindah kembali ke Team K pada reshuffle Tokyo Dome.

source

***

“Karena aku pernah mengidap kanker, aku punya hak sekarang” – Masuda Yuka

Kankerku pertama muncul ketika aku berusia 2 tahun. Dokter tidak tahu organ tubuh mana yang pertama kena, tapi ketika kankerku terditeksi kankernya sudah menyebar ke ginjal, pancreas, paru-paru dan organ tubuh yang lain. Dari usia 2 hingga 2.5 tahun aku masuk rumah sakit di sebuah rumah sakit di Osaka. IV (maksudnya infus) melekat ditubuhku, dan suntikan setiap hari. Normal bagiku untuk berjalan-jalan dengan IV ditubuhku.
Aku tidak begitu ingat ketika aku masuk rumah sakit, kecuali fakta bahwa aku berada di situ terus. Aku bahkan tidak ingat kapan aku belajar mengenainya. Aku tahu mengenai penyakitku ketika aku masih SD, tapi aku hanya mengira penyakit ini “cukup berat”. Aku tidak pernah menyadari seberapa serius kankerku sampai aku remaja.
Ketika aku 2.5 tahun, kankerku berkurang setengahnya, dan aku diperbolehkan aku meninggalkan rumah sakit. Aku masih menjalani perawatan, dan seiring berjalannya waktu, kanker itu menghilang. Bahkan ketika aku berbicara mengenai hal ini sekarang, ini sesuatu yang “tidak bisa dijelaskan secara medis”. Tidak ada yang percaya padaku *tertawa*
Aku tidak tahu bagaimana kankerku bisa sembuh total. Tapi, dokter yang merawatku akan berkata “Aku melihat banyak anak pengidap kanker, tapi anak ini tertawa sering sekali. Ini bukan wajah seseorang yang sedang sakit” setiap aku masuk rumah sakit. Dia akan mengatakan hal ini untuk menenangkan ibuku. Kami dengan rajin menjalani perawatan, dan mungkin perasaan-perasaan inilah yang menyembuhkan kankerku. Satu hal lagi, menurutku “Power of Song” (Kekuatan Musik) juga ikut ambil bagian. Ayahku, yang suka musik, akan membawa gitarnya dan memainkannya untukku di dalam kamarku. Lalu aku akan mengambil microphone mainan yang merupakan bagian dari permen ramune dan bernyanyi bersamanya. Meskipun aku mengidap IV, tapi momen itu sangat menyenangkan. Aku ingat dengan jelas saat-saat itu.
Orang tuaku sangat kuat melewati semua ini. Ibuku sangat syok mengenai kankerku, dan kehilangan 10 kilogram ketika aku masuk rumah sakit. Dia akan berkata “Semua anak di sekelilingku asyik bermain dan bersenang-senang. Kenapa Yuka harus tinggal di rumah sakit dengan IV?” Ibuku bisa tetap kuat karena mimpi yang ia punya. Ketika aku akhirnya dapat keluar dari rumah sakit, kami mengunjungi sebuah restoran. Normalnya, untuk perjalanan spesial kau akan pergi ke kebun binatang atau ke taman bermain, tapi ibuku ingin melakukan sesuatu yang biasa dan umum, sesuatu yang kau lakukan setiap hari. Karena itu kami pergi ke restoran. Dia sangat bahagia melihatku meminum sup dengan tangan kecilku *tertawa*
Pengalaman terkena kanker memberikan dampak yang besar bagiku. Bahkan hingga hari ini, aku tidak menganggapnya sebagai suatu hal yang negative, melainkan sesuatu yang membuatku lebih kuat. Aku ada di sini hari ini karena aku mengidap kanker. Ketika aku lulus audisi AKB, aku masih duduk di kelas 8 (2 SMP), dan pada saat itu masih tinggal di Osaka. Tapi orang tuaku memperbolehkanku untuk pindah ke Tokyo untuk mengejar mimpiku. Alasannya karena aku nyaris mati sebelumnya, tapi secara ajaib sembuh. Ibuku bilang “Yuka memiliki suatu tugas spesial yang harus ia penuhi. Aku berterima kasih bahwa ia hidup hingga saat ini, jadi pergilah ke Tokyo dan kejarlah mimpimu”. Lucu mengingat kankerlah yang memperbolehkanku  menyanyi seperti yang saat ini kulakukan. Jika aku tidak mengidap kanker, ibuku mungkin tidak akan pernah memperbolehkanku pergi ke Tokyo.
Bagiku, hidup adalah untuk bernyanyi dan mengekspresikan diriku. Ini adalah suatu hal yang berharga untukku. Ketika aku pulang, aku akan memutar lagu favoritku atau pergi menonton musisi jalanan. Aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa musik. Tapi ada saat-saat dimana aku ingin berhenti bernyanyi. Aku tidak ingin berada di spotlight, aku bahkan tidak ingin memegang microphone. Ada saat dimana aku tidak bersemangat seperti itu. Tapi aku sadar bahwa aku ingin berhenti bernyanyi karena aku sangat menyukainya. Aku sangat menyukainya hingga aku benci ketika aku tidak bisa bernyanyi sesuai harapanku. Alasan karena aku bisa tidak bersemangat seperti itu adalah karena aku sangat menyukai bernyanyi dank arena aku mencoba terlalu giat. Aku akan berkata pada diriku sendiri “Kesedihan adalah kebalikan dari Kebahagiaan. Jika ada kesedihan, pasti ada kebahagiaan” Aku akan menjadi bersemangat dan senang karena itu. Aku yang berusia 2 tahun dengan kanker sungguh membantuku melewati saat-saat seperti itu
Aku memiliki immunodeficiency dan setiap kali darahku diambil, mereka akan bilang “kau punya sel darah putih dalam jumlah yang sedikit”. Tapi aku tidak khawatir. Ketika aku bersama fansku, aku menghidupkan moment itu. Pergi untuk perform diatas stage atau menghadiri event handshake selalu memberiku kekuatan untuk bekerja keras. Bahkan diantara fans ada mereka yang memiliki suatu keterbatasan, tapi mereka tetap datang ke event handshake dengan kursi roda atau menulis surat. Aku punya sebuah surat yang bertuliskan “Ketika aku melihat MCmu di salah satu performance Team B, kau membuatku tertawa” Ketika aku melihat orang-orang seperti ini, aku berpikir “Aku harus terus berkerja keras”
Dia (Yuka) lalu memberi nasihat kepada mereka yang sedang berjuang melawan penyakit atau sedang masuk rumah sakit, untuk menyapa para dokter dan suster dengan senyuman, karena mereka sudah berusaha keras untuk menyembuhkan orang-orang
Terakhir, dia bilang,
“Jika kau mengidap suatu penyakit, jangan berpikir negative mengenainya. Berpikir negative malah akan menjatuhkanmu lebih lagi. Jangan berkata “Aku tidak bisa melakukan apapun karena aku mengidap penyakit” Aku mengalami saat-saat seperti itu juga. Tapi jika kau menghadapi hidup dengan senyuman, hari-harimu akan bertambah baik. Lakukan sesuatu untuk melangkah maju, karena kau mungkin akan menemukan sesuatu yang akan menuntunmu menuju mimpimu. Lihatlah masa depan dan cobalah banyak hal”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nobiraji 240129 (Akipo x Pon's last appearance)

kokado: what do you plan to do after your graduation? pon: i really have nothing planned! it's not a "secret", i really have nothing planned! nakaoka: but surely there's a lot you want to do? pon: yes, but i want to take it slow akipo: please do~ nakaoka: perhaps going for an onsen trip, or perhaps even somewhere overseas pon: i'd love to! kokado: the last time you came here was around a year ago, and today will be your final appearance. i am sure that numa-chan must have a lot of thoughts on your own poppo: yeah, i'm really sad! now that there are only a few days left, i could really feel it. i hope to cherish this opportunity very much Q how do you feel now that your graduation is approaching? kokado: you did say at the start that you are starting to feel it. how does it feel like? pon: like, since this is my graduation concert, there's a lot of things for me to do... and there's this... thought that once i've done everything, it will then be tru

So, what's up with all the English tweets recently from SF and Sony? (...But I guess now we know?)

If you come here for an answer, then you'll find none, because honestly, I don't know for sure myself. But, I do have an idea. In the latter half of 2020, after so many years, Keyakizaka46 YouTube finally removed region restrictions on its latest uploads. One of which is the performance video from Darekane. Overseas fans quickly noticed and used the chance to write their thoughts and feelings, posting them in the comment section just like other fans would do. Then, when "Bessatsu Kadokawa Keyakizaka46 and Sakurazaka46 1013/1209", members shockingly made a mention of it in their interviews, like Ten . Perhaps encouraged by the comments the members made, overseas fans showed their support again in the comments section for "Nobody's fault" and other videos. Yamasaki Ten then made another mention of it again in an interview released in early January 2021 ! Since then, comments from overseas fans continued to pour in, and thankfully perhaps even increases wi

ExTaishu Shida Manaka x Oda Nana x Saito Fuyuka "Keyakizaka46 Happenings"

Imaizumi Yui: Likes to collect seals that gets you a plate Manaka: She really likes collecting seals that gets you a plate something like this Oda: That certainly happens (laughs) Manaka: Ozeki also collecting it, she always take the seal from things members bought (laughs). I always give mine to Imaizumu Oda: It’s good that members are divided between those who gives to Imaizumi and to Ozeki. I also gives mine to Imaizumi. The reaction she gives to Shida when she get her seal is cute. Imaizumi would say “Thank you!!” looking very happy Watanabe Risa: Frolic when everyone are together Fuyuka: There is a huge different between Risa on TV and the usual Risa Manaka: She’s awfully frolic when we gathers Fuyuka: She doesn’t show it in Keyakake, right? To Miichan she feels spontaneous but she can also gives gentle response, there’s also time when she gives cold responses to everyone else. Manaka: Lately she’s strict to Oda Nana (laughs).  Ju