Langsung ke konten utama

48Family: Dari Gak Tahu jadi Tahu


Pertama-tama, saya membuat ini karena udah jenuh melihat fans-fans baru yang cenderung lebih suka 'tanya orang lain' ketimbang cari sendiri di Google (dan saya lihat tidak sedikit jumlah fans yang ketipu gara-gara salah dapet informasi di Google)

Perbedaan Girlband sama Idol Group itu apa? JKT itu Girlband, bukan?

JKT itu bukan Girlband. Mereka itu Idol Group. Lalu apa perbedaan mereka? Ini dia perbedaan mereka:
  1. Girlband itu begitu muncul langsung tenar, sedang Idol Group itu membangun kepopuleran mereka secara perlahan-lahan.
  2. Girlband itu ‘sepaket’, maksudnya, mereka selalu bergerak bersama-sama dalam karir mereka. Nyanyi bareng, main film bareng, main iklan bareng dkk. Sedang Idol Group itu ‘perorangan’, bisa aja yang main iklan ini cuman seorang sedang yang tiga orang lain main iklan yang lain. Solo karir, bisa. Main film sendirian, bisa dan masih banyak lagi.
  3. Idol Group tariannya lebih rumit karena jumlah mereka memang lebih banyak dibanding Girlband.   Idol Group nggak hanya fokus di satu bidang, mereka bakal dilatih menari, menyanyi, meng-MC, melawak, main film, main iklan, dll.
  4. Idol Group itu asal Jepang, Girlband itu asal Korea. Faktanya, Girlband-Boyband itu malah hasil adaptasi system Idol Group.

‘Acchan’ dan ‘Achan’

Untuk masalah ini, jika anda nggak tahu yang mana itu ‘Acchan’ dan yang mana yang ‘Achan’, saya sarankan anda untuk diam saja dan nggak usah sok tahu, karena jika ketahuan fans Veteran terutama Sepuh, saya yakin anda bakal diTroll habis-habisan karena sosok ‘Acchan’ itu adalah sosok yang ‘keramat’ di AKB48.
Siapa dia?
Acchan adalah sebutan untuk Atsuko Maeda, salah satu 1st gen AKB48, yang tgl 27 Agustus yang lalu secara resmi telah Graduate dari AKB48. Dia menjadi the Ace & The Icon of AKB48 selama 7 tahun menjadi anggota AKB48 dan 2 kali mendapat posisi Center.

Terus ‘Achan’?

Achan itu sebutan untuk Ayana Shahab, salah satu member JKT48.

Atsuko Maeda alias Acchan
Ayana Shahab alias Achan


Aki-p itu siapa?

Yang ini lebih lagi, jika ketahuan bisa sama parahnya seperti yang diatas tadi. Aki-p itu adalah nickname untuk Yasushi Akimoto, Total Producer 48 Family secara keseluruhan. Dia juga yang menulis lirik lagu-lagu 48Family (Aki-p= Akimoto Producer=Produser Akimoto)

Kalo Tgsk?

Tgsk itu singkatan tadi Togasaki. Tomonobu Togasaki adalah manager AKB48.

SNH itu apa sih?
SNH itu Shanghai48, sister group lain dari AKB48 yang sama seperti JKT, hanya saja yang ini berbasis di Shanghai, China. Selain SNH, juga ada TPN alias Taipei48.

Akicha sama Harugon bakal di sini permanen ya? Siapa mereka?

Takajo Aki dan Haruka Nakagawa bakal ada di JKT dalam rangka Study Aboard, mereka cuman bakal disini 6 bulan atau 1 tahun.
Takajo Aki alias Akicha itu kenkyuusei (research student) yang paling cepet dipromossin jadi regular member, cuman perlu 73 hari.
Haruka Nakagawa itu member 3rd Gen AKB48. Sebenernya dia masuk Team B, tapi di Team Reshuffle tahun 2009 pindah ke Team A.

Takajo Aki alias Akicha

Haruka Nakagawa alias Akicha


Kenkyuusei? Apa itu?

Kenkyuusei itu artinya Research Student. Mereka masih member dalam pelatihan. Member-member JKT saat ini masih termasuk Kenkyuusei.

Kalau Team Reshuffle?

Team Reshuffle itu adalah suatu saat dimana 48Family secara keseluruhan formasi-nya 'diutak-atik'. Contohnya di tahun ini Umeda Ayaka pindah ke Team B dari Team K dan jadi Kapten Tim B. Haruna Kojima dari Team A pindah ke Team B. Mayu Watanabe dari Team B pindah Team A.

Team di AKB ada apa aja? Team A, K, B, 4, & 8?

Salah.
Di Tokyo Dome day 1, bersamaan dengan pengumuman Team Reshuffle, diumumkan bahwa Team 4 ditiadakan dan member-membernya bergabung dengan Team A, K, B sedang Team 8 sendiri dari awal mulanya memang tidak pernah ada.

Jumlah member AKB48 sekarang ada berapa?

Ada sekitar 89 orang. Kaget? Bertanya-tanya kenapa bukan ‘48’ sesuai namanya? Itu karena ‘48’ memang bukan patokan jumlah member, ‘48’ itu diambil dari Shiba Kotaro, bos manajemen Office48 (Shi =4, Ba =8)

Aku nemu foto member AKB yang cuman pakai bikini nih, sama PV-nya ada yang mesum-mesum...

Santai aja, itu memang selalu ada kok. Gravure di Jepang itu biasa. Kalau nggak suka lihat foto Gravure, mending cari foto-foto member AKB-nya via Twitter aja, minta fanbase mana gitu buat bantu nyari. Untuk member JKT, saya yakin nggak akan pernah foto Gravure.

Apa sebutan fans 48Family? WOTA?

SALAH BANGET.
Wota itu sebutan yang lebih tepat untuk fans yang bener-bener ngefans. Saking ngefans-nya bisa sampai terbang ke Jepang buat nonton (khusus domilisi luar Jepang), beli photopack aslinya, pokoknya dedikasi mereka jauh lebih tinggi dari Fans biasa. Kalau ngerasa Wota, ya udah panggil aja diri kamu Wota. FYI, Saya yang suka 48Family selama 2 tahun aja masih gak berani manggil diri saya Wota.

Saya denger Diasta mau keluar dari JKT, bener tuh?

Salah. Bahkan faktanya Diasta salah satu member JKT yang paling beken di antara fans Jepang.

Untuk sementara, ini dahulu. Jika ada pertanyaan-pertanyaan bagus lagi, silahkan tulis di komentar.

Komentar

  1. saya baru tau kalo Diasta itu beken di Jepang...
    sumpah sebagai fans JKT saya malu nggak tau info ini..

    BalasHapus
  2. Girlband itu begitu muncul langsung tenar, sedang Idol Group itu membangun kepopuleran mereka secara perlahan-lahan.
    dasar bego lu, jkt48 baru muncul udah langsung tenar bego

    kalau akb48 ga langsung tenar, akb48 teaternya pernah sepi

    BalasHapus
  3. Thanks,,,,sangat membantu

    followback blog gue ya bro

    http://ekienglandmuse.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. @Hendrik: JKT kan efek dari AKB. Siapa fans awal JKT? Fans AKB!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nobiraji 240129 (Akipo x Pon's last appearance)

kokado: what do you plan to do after your graduation? pon: i really have nothing planned! it's not a "secret", i really have nothing planned! nakaoka: but surely there's a lot you want to do? pon: yes, but i want to take it slow akipo: please do~ nakaoka: perhaps going for an onsen trip, or perhaps even somewhere overseas pon: i'd love to! kokado: the last time you came here was around a year ago, and today will be your final appearance. i am sure that numa-chan must have a lot of thoughts on your own poppo: yeah, i'm really sad! now that there are only a few days left, i could really feel it. i hope to cherish this opportunity very much Q how do you feel now that your graduation is approaching? kokado: you did say at the start that you are starting to feel it. how does it feel like? pon: like, since this is my graduation concert, there's a lot of things for me to do... and there's this... thought that once i've done everything, it will then be tru

So, what's up with all the English tweets recently from SF and Sony? (...But I guess now we know?)

If you come here for an answer, then you'll find none, because honestly, I don't know for sure myself. But, I do have an idea. In the latter half of 2020, after so many years, Keyakizaka46 YouTube finally removed region restrictions on its latest uploads. One of which is the performance video from Darekane. Overseas fans quickly noticed and used the chance to write their thoughts and feelings, posting them in the comment section just like other fans would do. Then, when "Bessatsu Kadokawa Keyakizaka46 and Sakurazaka46 1013/1209", members shockingly made a mention of it in their interviews, like Ten . Perhaps encouraged by the comments the members made, overseas fans showed their support again in the comments section for "Nobody's fault" and other videos. Yamasaki Ten then made another mention of it again in an interview released in early January 2021 ! Since then, comments from overseas fans continued to pour in, and thankfully perhaps even increases wi

ExTaishu Shida Manaka x Oda Nana x Saito Fuyuka "Keyakizaka46 Happenings"

Imaizumi Yui: Likes to collect seals that gets you a plate Manaka: She really likes collecting seals that gets you a plate something like this Oda: That certainly happens (laughs) Manaka: Ozeki also collecting it, she always take the seal from things members bought (laughs). I always give mine to Imaizumu Oda: It’s good that members are divided between those who gives to Imaizumi and to Ozeki. I also gives mine to Imaizumi. The reaction she gives to Shida when she get her seal is cute. Imaizumi would say “Thank you!!” looking very happy Watanabe Risa: Frolic when everyone are together Fuyuka: There is a huge different between Risa on TV and the usual Risa Manaka: She’s awfully frolic when we gathers Fuyuka: She doesn’t show it in Keyakake, right? To Miichan she feels spontaneous but she can also gives gentle response, there’s also time when she gives cold responses to everyone else. Manaka: Lately she’s strict to Oda Nana (laughs).  Ju